Saturday, May 18, 2019

Pakai Nama Almarhum Anak 'Nur Inka', Gatot Nurmantyo Pernah Bangun 27 Masjid

Masjid Nur Inka di jalan Suropati, Malang (FOTO : Rezza Do'a Lathanza/Tugu Malang)

Di Malang Raya, terdapat tiga masjid yang mempunyai nama Masjid Nur Inka. Satu masjid ini berada di jalan Wilis, Gading Kasri, Kota Malang.


Disini juga ada di jalan Suropati nomor 11, Kota Malang dan juga di desa Jabung, Kabupaten Malang. Adapun ketiga masjid inipun berada dalam komplek TNI.


Menurut perkataan Mohammad Toha selaku Takmir Masjid Nur Inka di jalan Wilis, juga mengatakan masjid ini didirikan pada saat Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD pada tahun 2013.



"Saat itu Jenderal (Purn) Gatot keliling di wilayah Madura, Blitar, dan Malang untuk mencari lokasi sebagai tempat pembangunan masjid, "ucap Toha pada Jumat (17/5/2019).


Adapun nama Nur Inka tersebut diambil dari nama anak mantan Jenderal Gatot sendiri, telah menjadi telah meninggal lantaran sakit.


"Beliau sendiri yang memberi nama itu," kata Toha pria yang berumur 50 tahun ini.



Masjid Nur Inka di Jalan Wilis, Gading Kasri, Kota Malang  (FOTO : Rezza Do'a Lathanza/Tugu Malang)

Mengenai desaian ketiga masjid ini pun juga mempunyai desain yang sama, yang terdiri dari khas masjid Timur Tengah, yang ada tambahan dengan motif batik sebagai khas budaya Jawa.


"Dari beberapa daerah yang ada Masjid Nur Inka, hanya disini yang lantainya terbuat dari kayu,"katanya.


Menurut Toha, di Malang Raya, Gatot juga membangun masjid di daerah lain. Nama Masjid Nur Inka juga ada di Pamekesan, Sumenep, dan Jember di Jawa Timur.


Dan ada juga 19 masjid lain yang tersebar di luar Jawa Timur dan luar negeri.

Masjid Nur Inka di Jalan Wilis, Gading Kasri, Kota Malang (FOTO : Rezza Do'a  Lathanza/Tugu Malang)

"Memang beliau senang membangun masjid. Untuk di luar negeri yakni di washington (Amerika Serikat) dan Filipina namanya sama, hanya saja ada imbuhan nusantara yakni Nur Inka Nusantara,"Jelas Toha.


Ada kegiatan makan siang gratis yang diadakan di dalam komplek Masjid Nur Inkadi Museum Brawijaya setiap Minggunya.


Selama bulan Ramadhan, di masjid Nur Inka juga menyediakan takjil gratis dan nasi untuk berbuka puasa bersama, dana kegaiatan tersebut di dapat dari pak Gatot Nurmantyo.


Selain membangun masjid, Mantan Pangliman TNI ini juga memberangkatkan pengurus masjid untuk umrah.


"Hampir setiap tahun itu ada yang diberangkatkan umrah. Saya berangkat tahun 2015 dengan rombongan berjumlah 180 orang. Itu campur ada takmir, rekanan beliau di kesatuan, anggota yang berprestasi. Beliau adalah sosok yang dermawan dan sangat baik. Kadang kalau kita menyebutkan sesuatu yang kami dapat, beliau tidak memperbolehkan,"ucap Muhammad Toha.


"Beliau selalu berpesan semoga sarana masjid dapat dimamfaatkan untuk umat Islam," kata Toha lagi.



Sumber : Kumparan.com

1 comment:
Write komentar
  1. Kemudahan Bertransaksi 24 Jam Dengan Didukung Berbagai Aplikasi Kekinian Go-Pay Dan Ovo. Nikmati 8 Permainan Dengan Minimal Deposit Hanya 10.000 Dengan Berbagai Bonus Menarik lainnya, Tunggu Apalagi Yuk Gabung Bersama PokerVita Tanpa Robot, Admin, dan Fair Play 100% Player Vs Player.

    Nikamti Promo Terbesar Dari POKERVITA Situs Judi Poker, Domino99 dan BandarQ Online.
    * Promo Bonus Turnover Harian/Mingguan/Bulanan
    * Promo Refferal 15% Seumur Hidup

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    WA: 0812.2222.996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar!